Demo Blog

Tips memilih PSU(Power Supply Unit)

by Alone on Nov.22, 2009, under

Sesuai namanya Power Supply itu merupakan sumber energi untuk sebuah komputer yang beroperasi(Mengubah arus AC menjadi DC). PS harus membawa suplai listrik DC yang baik dan stabil sehingga sistem dapat beroperasi dengan baik. Mengingat pentingnya PS dalam pengoperasian sistem komputer maka dari itu kita tidak boleh sembarangan memilih PS. Berikut tips memilih PS yang sesuai :
Jangan tertipu dengan label. saat ini banyak merk-merk PSU yang menuliskan daya yang dibesar-besarkan, yang dalam pengukurannya pada saat belum full load dan saat full load suhu PSu akan naik sekitar 15 C yang akan menurunkan daya maksimalnya 33%-50% dari daya yang dituliskan di label. Carilah PSU yang true power(tidak melebih-lebihkan dayanya tapi justru menurunkan dengan menuliskan di label PSU yang lebih rendah ratingnya dan biasanya daya yang dihasilkan lebih stabil).
Pilih PSU yang sudah mempunyai sertifikasi 80 plus. Suatu pengujian produk PSU yang mempunyai efektifitas di 80 %. Jadi PSU ini akan membuang daya untuk panas maksimal hanya 20 %. Tentunya ini akan membantu PSU tidak cepat panas, tidak boros listrik dan tidak bising karena tidak memerlukan kipas yang terlalu besar.
Lihatlah kelengkapan dari konektor-konektornya. Semakin lengkap semakin bagus karena jika kita menambah peripheral baru yang memerlukankonektor dri PSU, kita perlu mengganti PSU.
Jika Anda menginginkan tampilan yang tidak semrawut, silahkan pilih PSU yang mempunyai jenis konektor modular kabel.

0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar kamu.. makasih dah mampir..

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!